BANGKRUT !!! Perusahaan Investasi Terbesar Zhongzhi - Baca Bang

Jumat, 05 Januari 2024

BANGKRUT !!! Perusahaan Investasi Terbesar Zhongzhi

Kejatuhan Raksasa Bayangan: Ketika Zhongzhi Bertekuk Lutut di Depan Hukum


Zhongzhi, taipan perusahan keuangan di china, Tumbang. Mahkamah Beijing menerima pengajuan pailit perusahaan Zhongzhi manajemen kekayaan yang sarat utang ini, menandakan akhir dari kisah ambisi yang berujung tragis.

Bukan kisah bangkrut biasa, tapi drama penuh misteri dan intrik. Bayangkan, perusahaan sebesar Zhongzhi, yang pernah mengangkangi dunia perbankan alternatif, kini tersungkur dengan tunggakan miliaran yuan.

Laporan keuangan Zhongzhi ibarat buku horor. Liabilitas menganga lebar di angka 9,585 miliar yuan, sementara aset hanya 9,385 miliar yuan. Kas yang tinggal 1,8 juta yuan bagai lilin di ujung tanduk, hampir padam.

Parahnya, 2,9 miliar yuan piutang Zhongzhi "sulit ditagih",  Aset lainnya terjebak dalam investasi saham, gedung kantor, properti, dan barang tak berwujud seperti software.

Mahkamah pun memvonis Zhongzhi pailit. Utangnya yang jatuh tempo bagai belenggu yang tak bisa dilepaskan, bahkan kasus-kasus lain dari kreditor terus bermunculan di pengadilan dan pusat arbitrase.

Kemelut Zhongzhi tak berhenti di situ. Bocoran surat perusahaan ke investor di Weibo bak bom atom. Aset ternyata hanya 200 miliar yuan, jauh dari klaim sebelumnya. Liabilitas? Mengangkasa di angka 420-460 miliar yuan, angka yang bikin merinding.

Kasus ini makin panas ketika Kepolisian Chaoyang Beijing mengambil "tindakan wajib" terhadap Zhongzhi, meski tanpa rincian resmi. Dua petinggi perusahaan pun menghilang bak ditelan bumi. Drama Zhongzhi kian misterius.

Zhongzhi bukanlah pemain sembarangan. Kekaisaran bisnisnya membentang dari tambang, material konstruksi, hingga mesin dan bahan kimia. Jabatan 32,99% di Zhongrong International Trust, manajer aset papan atas China, makin menegaskan keperkasaannya.

Namun, keperkasaan itu rapuh. Kematian pendiri Zhongzhi, Xie Zhikun, pada Desember 2021, seolah menjadi pembuka kotak pandora. Kini, perusahaan tersebut tersungkur, meninggalkan jejak utang dan pertanyaan yang menghantui.

Kejatuhan Zhongzhi bukan sekadar drama finansial. Ini kisah tentang ambisi yang tergelincir, risiko bayangan keuangan, dan misteri yang masih belum terurai. Apakah ini domino yang akan meruntuhkan raksasa-raksasa bayangan lainnya? Hanya waktu yang akan menjawab.

Comments


EmoticonEmoticon